SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SANTO BORROMEUS

Dalam perjalanan sejarah terbentuknya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus atau yang disingkat menjadi STIKes Santo Borromeus telah mengalamai beberapa kali perubahan bentuk sejak pertama kali didirikan, yaitu :
Keberadaan pendidikan Keperawatan Santo Borromeus dimulai sejak tahun 1926 yang dirintis oleh Suster-suster CB (mulai dari Pendidikan Perawat/ Opleiding van Mantri – Verpleegsters voor den Algemeenen Dienst en voor het Krankzinnegenwezen). Pada tahun 1953 sampai 1968 Pendidikan Perawat Borromeus berubah menjadi Sekolah Pengatur Rawat A (SPR A) Santo Borromeus yang menerima siswa dengan dasar pendidikan SMP. Pada tahun 1968 – 1978 Sekolah Pengatur Rawat A (SPR A) menerima siswa dengan dasar pendidikan SMA yang kemudian mengalami konversi menuju SPK (Sekolah Pendidikan Kesehatan) pada tahun 1978. Tahun 1973 – 1979 menyelenggarakan Pendidikan Bidan.

Dalam perjalanan penyelenggaraannya, institusi pendidikan Santo Borromeus telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan (Pusdiknakes melalui Depkes. Prov. Jabar).
Pendidikan Kebidanan sementara ditutup dan dibuka kembali pada tahun 1982 – 1999 dan menjadi D I Kebidanan.
Akademi Keperawatan Santo Borromeus lahir melalui proses konversi dari SPK menuju D III Keperawatan pada tanggal 10 November 1992 dengan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.06.1.1.4268.

Tahun 1992-2006: Akper Santo Borromeus.
Akademi Keperawatan Santo Borromeus telah mendapatkan ijin penyelenggaraan dari DIKTI Depdiknas melalui proses pengalihan pembinaan dari Depkes kepada Dikti Depdiknas pada tanggal 30 Desember 2004 dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 209/D/0/2004.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Santo Borromeus lahir melalui konversi dari Akademi Keperawatan (AKPER) Santo Borromeus pada tanggal 30 November 2007 dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 228/D/0/2007.

VISI

Menjadi institusi pendidikan tinggi kesehatan bermutu yang menghasilkan insan berwawasan global dan berbelarasa demi keluhuran martabat manusia serta keutuhan alam ciptaan.

MISI

STIKes menyelenggarakan Perguruan Tinggi dalam tatanan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai Kristiani dengan cara:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang bermutu;
  2. Menyiapkan insan professional pada bidangnya, beriman, berbelarasa kepada sesama yang dilayani, dan menjaga keutuhan alam ciptaan;
  3. Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan martabat manusia;
  4. Membina dan mengembangkan jejaring kemitraan baik di dalam maupun luar negeri; dan
  5. Mengelola pendidikan kesehatan yang berlandaskan good collage governance

 NILAI

STIKes mewujudkan nilai-nilai belarasa, kejujuran, daya juang, kreativitas, dan kompeten.

MOTTO

Compassion and Enthusiasm

 

INFORMASI
Jalan Parahyangan Kavling 8 Blok B No.1, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553
(022) 6803961
sekretariat@stikesborromeus.ac.id
https://www.stikesborromeus.ac.id/

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial