KOLOKIUM AKSI-REFLEKSI EKOLOGI PERGURUAN TINGGI APTIK

Setelah Paus Fransiskus menerbitkan ensklik Laudato Si 18 Juni 2015, banyak langkah telah diambil untuk mengembangkan aksi-aksi bernuasa ekologis. Beberapa perguruan tinggi Katolik dunia mengambil bagian dalam rangka memelihara bumi sebagai rumah bersama. Pendidikan dan penelitian di perguruan tinggi mereka kerap diikuti dengan aksi-aksi nyata seperti menanam pohon dalam lingkungan perguruan tinggi, menghindari penggunaan plastik, menyediakan sebagian tanah untuk air resapan, membuat reservoir air hujan, mengadakan aksi hemat air dan listrik, mengurangi penggunaan kertas, dan masih banyak kegiatan konkret.

Apa yang diserukan oleh Paus Fransiskus tentang action plan ekologi mendapat respons beberapa perguruan tinggi Katolik di Indonesia. Beberapa PT APTIK memiliki aksi-aksi nyata untuk memelihara bumi dan isinya sebagai rumah bersama. Dalam semangat Laudato Si, aksi-aksi PT APTIK tersebut tentu saja mengandung banyak aspek yang perlu direfleksikan baik dari segi teknik maupun dari segi sosial, budaya, pendidikan, dan spiritualitas pengembangan lingkungan. Dalam bahasa Laudato Si, bukan mustahil apa pun aksi-aksi yang diambil oleh PT APTIK merupakan salah satu cara mengambil bagian dari pengembangan ekologis integral.

Dengan dasar pemikiran ini, Gugus Tugas Kajian dan Pengembangan Ekologi APTIK merasa perlu agar diadakan sebuah event ekologis setiap tahun, secara khusus pada setiap tanggal 4 Oktober. Ini adalah tanggal kita merayakan hari St. Fransiskus, sebagai sumber inspirasi gerakan cinta lingkungan. Pada tanggal ini juga Paus Fransiskus merilis action plan yang perlu diambil oleh umat Katolik seluruh dunia. Dan dalam gerakan yang sama, pada tanggal ini juga PT APTIK dapat secara bersama-sama mengembangkan konsientisasi ekologis sebagai bagian tak terpisahkan dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat di Indonesia dalam sebuah kolokium.

Tujuan utama dari kolokium ekologis tersebut adalah:

  • Menyatukan pemahaman tentang ekologi integral sebagai bagian tak terpisahkan dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat PT APTIK
  • Meningkatkan pemahaman atas masalah-masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh pengembangan teknologi, politik, dan pasar.
  • Menemukan model-model action plan sebagai jawaban konstruktif atas masalah-masalah lingkungan.
  • Menumbuhkan refleksi atas kegiatan-kegiatan cinta lingkungan sebagai langkah untuk mendekatkan kita dengan bumi sebagai rumah bersama.

Berdasarkan latar belakang dan tujuan umum di atas, tahun 2021, Gugus Tugas APTIK akan mengadakan kolokium dengan tema APTIK CINTA LINGKUNGAN. Kolokium tersebut akan akan diadakan pada:

Hari/tanggal       : Senin, 4 Oktober 2021
Waktu                   : 17.00-19.30
Link Zoom           : Meeting ID: 857 3260 3863   Passcode: 658948

Kolokium tersebut diharapkan dihadiri oleh pimpinan PT, pimpinan LPPM dan Campus Ministry, Bidang Kemahasiswaan, para dosen, dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan lingkungan hidup dan kegiatan campus ministry/pastoral mahasiswa

Mohon agar dapat melakukan registrasi di: https://tinyurl.com/WebEkologi paling lambat Minggu, 3 Oktober 2021

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial